edisi 01 comments..

Sugeng enjang Rama Poeng,

Mugi bulettin punika saged dados piranti rumaketing komunikasi para pinisepuh, putra, wayah trah Pugeran. Awit saking pamanggih kula, bullettin elektronik punika piranti ingkang gampil kangge komunikasi tumraping para anggota trah lan ugi priyantun ingkang taksih kagungan kawigatosan dumateng trah Pugeran. Kula ngaturaken pambagya wontening bulletin punika, utaminipun katur Rama Poeng, Rama Choeng, ugi Dhimas Rinang, ingkang sampun kersa maringi kalodhangan wekdal kangge angupayaaken ngluhuraken asma trah Pugeran. Mugi bulletin punika saged wonten manfaatipun lan langgeng. Mugi Allah SWT tansah paring rahmat dhumateng para trah sedayanipun.

Sugeng ngunjuk teh lan dhahar pisang goreng ing enjang punika.

Salam taklim,
Bramantyo Sayogyo
Trah Ponoragan Jawi Wetan

(Mas Bramantyo, adalah suami dari mb Nus Purnadiyah – putrinya romo Sukro – cucunya Purbocaroko – buyutnya GPH Puger)

…………………………………………

ndon1

Ass.wr.wb.

Alhamdulillah sekarang sudah ada website trah pugeran, mudah2an terus berkembang dan isi juga bisa tambah bagus dan menarik. Tapi kalau comment-nya pake bahasa Jawa seperti diatas, saya jelas bingung..dan tidak ngerti blass. Saya berharap…bulettin ini bermanfaat seterusnya dan dapat menjalin erat tali persaudaraan.

Akhmad Tunggul Birawa

Kantor Kedutaan Besar RI, Berlin Jerman

(mas Birawa (Ndon), adalah putranya ibu Sri Rejeki – cucuya romo Diro – buyutnya GPH Puger)

……………………………………………………….

dikno1

Salam sejahtera,

Paguyuban Trah Pugeran telah mempunyai blog di internet dengan nama “trahpugeran”. Saya sebagai anggota ikut bangga dan dengan ini pula saya ucapkan selamat kepada para penyelenggara. Dengan demikian maka Paguyuban Trah Pugeran telah mengudara, telah “mendunia maya”.

Dengan adanya blog “trahpugeran” ini maka anggota trah Pugeran dapat lebih mengenal, lebih mudah berkomunikasi dan berinteraksi. Dengan demikian pula dapat “ngumpulke balung pisah”.

Perlu diketahui betapa repotnya ngurusi organisasi Paguyuban Trah. Betapa tidak?!: mulai dari menelusuri, mengumpulkan, menyusunnya sampai pada meng”update” anggota-anggotanya. Itu semuanya membutuhkan ketelitian dan ketlatenan. Dengan adanya blog “trah pugeran” itu semuanya akan lebih dipermudah.

Manusia itu pada dasarnya sama, kaya/miskin, tua/muda, priya/wanita, pandai/bodoh, bangsawan/bukan bangsawan. Tetapi di dunia ini manusia membutuhkan identitas. Waktu lahir ia diberi nama agar tidak sama dengan anak-anak lainnya. Tiap anak yang dilahirkan harus mempunyai akta kelahiran. Dalam usia tertentu harus mempunyai Kartu Tanda Penduduk untuk membedakan domisili atau tempat tinggalnya. Ia kemudian akan membentuk kelompok, ikatan atau paguyuban (kelompok profesi, ikatan sarjana, perhimpunan mahasiswa, paguyuban trah dsb.). Manusia membutuhkan berinteraksi. Oleh karena itu di dalam masyarakat kita jumpai banyak paguyuban-paguyuban trah.

Paguyuban trah bukan untuk bersaing dengan paguyuban-paguyuban trah lainnya, bukan pula untuk mengungguli paguyuban trah lainnya, tetapi untuk mempersatukan anggota-anggotanya, untuk lebih saling mengenal, berinteraksi dan berkomunikasi serta mengenang dan menghormati leluhurnya.

Yang penting sekarang bukan hanya memiliki blog saja, tetapi bagaimana memeliharanya, melestarikan dan mengembangkannya. Blog ini harus tiap kali diisi, diperbaharui dan diupdate. Kelestarian blog ini tidak hanya tergantung pada penyelenggara saja tetapi tergantung pula kepada kita semuanya. Oleh karena itu para penyelenggaranya harus tetap rajin mengupdatenya dan selalu memperbaharui isinya. Akan tetapi terselenggaranya blog ini tidak hanya tergantung pada penyelenggara saja, tetapi kepada kita semua, anggota Paguyuban Trah Pugeran.

Oleh karena itu marilah kita lestarikan blog “trahpugeran” ini dengan sumbangan saudara berupa informasi, tulisan-tulisan, feature atau lain-lainnya. Diharapkan dari para anggota Trah Pugeran partisipasinya dengan mengisi blog ini.

Marilah kita saling mempererat hubungan kekeluargaan kita melalui blog “trahpugeran”

Yogyakarta, 22 Maret 2009

Sudikno Mertokusumo

(pakde Dikno, adalah putranya RA Roostamtiyah/pak Sidik – cucunya GPH Puger)

…………………………………………………………………………….

mas romi

mas romi

Ass.Wr.Wb.

Blog ini adalah anugrah Yang Maha Kuasa dan Do’a semua keluarga Trah Pugeran yang selalu ingin berkomunikasi, bertemu, berkumpul dalam suasana kekeluargaan dimanapun, dan semuanya itu untuk kebersamaan keluarga besar Trah Pugeran.

Blog ini adalah media yang paling praktis, mudah dan edukatif yang sudah mengikuti perkembangan zaman sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan baik anak, remaja, dewasa dan orang tua bahkan eyang putri dan kakung.

Saya bersyukur dengan adanya blog ini kita dapat menampilkan wajah keluarga besar Trah Pugeran dan mudah-mudahan menjadi icon yang selalu menarik dan selalu menampilkan informasi terbaru.

Wass.Wr.Wb.
Romisiaga, Bontang – Kalimantan Timur.

(mas romi adalah putranya romo Suryo Drijantoro – cucunya Suwandi Hardjopradoto – buyutnya GPH Puger)

…………………………………………………………………….

dewi wardhani

dewi wardhani

Nderek Mangayubagyo kagem Bulletin Pugeran. Mugi-mugi saged kagem ajang silaturahmi kagem para saderek Trah ingkang sampun semebar seantero jagad raya.
Dengan adanya bulletin dan blog ini bisa memberikan informasi yang menginspiratif dalam menjaga hubungan persaudaraan antar keluarga.
Buat saya pribadi, Blog ataupun Bulletin yang sudah beredar memberikan jawaban atas kerinduan saya untuk tidak melupakan asal muasal kita dan sebagai ajang untuk mengenal para anggota Trah pugeran.

Maturnuwun kagem para Pengasuh Bulletin & Blog Trah Pugeran

Salam,
Dewi (putri ibu Minul Rahardjo, wayah Eyang Diro)
Ndalem Mangkubumen
Yogyakarta

………………………………………………………………….

Saya mengusulkan agar supaya anggota redaksi dimuat dalam setiap edisi. Terima kasih.

Sudikno Mertokusumo

…………………………………………………………………

Syukur alhamdulilah sekarang sudah ada buletin pugeran. Kita bisa mengikat silaturahmi antar kerabat, meskipun hanya lewat dunia maya.
Pada tanggal 9 juli 2009, saya kemarin bertemu dengan keluarga Eyang Diro dan diajak  ziarah ke pesarean Eyang Buyut Kanjeng Kusumaningrat yang berada di Gentan Pugeran (Kuncen) jogja. Saya ke pesarean bersama Eyang Yanti (putri Eyang Diro), Eyang Harto dan keluarga. Saya cucu dari putra pertama yang bernama bapak Hidayat, putra Eyang Yoewarno Slamet.
Saya menginginkan agar para kerabat dapat menyusul berziarah ke makam Eyang-Eyang kita yang berada di jogja dan bisa bersilaturahmi ke sanak keluarga yang lain

Salam,
Dika (putri bpk Hidayat, cucu Eyang RM Yoewarno Slamet, buyut eyang KRT Kusumaningrat)
JL.mawar 23/5 Jember
Jatim

————————————————————

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: