edisi 03

issued: 02 Agustus 2009

Mengenang Eyang GPH. PUGER dengan
Kyai Ageng Prawirorejoso.

GPH Puger

GPH Puger

Berbusana Mayor Ajudan Sultan

Pada masa pemerintahan Sri Sunan PB (Pakoe Boewono) VII (1830-1861) tersebutlah seorang pandai emas kraton Surakarta (Solo) yang bernama Mas Ngabehi Prawirorejoso. Suatu saat bersama keluarganya mereka hijrah ke Yogyakarta. Disana ia mencari kerja yang akhirnya diterima bekerja sebagai abdi dalem pandai emas kraton Yogyakarta (pada masa pemerintahan Sri Sultan HB V).
Ditempat yang baru ini Mas Ngabihi (kemudian bergelar Kyai Ageng Prawirorejoso) mulai menjalani hidup baru dan tempat tinggalnya sekarang bernama Ngadisuryan serta sering bertirakat (bertapa) di bukit Pengklik, Payak, Madurejo – Prambanan yang pada saat itu terkenal angkernya. Kyai Prawirorejoso ini mempunyai tujuh orang anak, yaitu 1.R.Ng.Ronoprawiro, 2.R.Widaningsih, 3.R.Ng.Cokrodirono, 4.R.Tg.Suronegoro, 5.Roromunting (BRA Purnomoresmi – Gusti Kanjeng Ratu Ageng), 6.R.Ng.Condrorejoso dan 7.BRA.Pujokusumo.
Dikemudian hari Roromunting (anak no.5) diangkat sebagai klangenan HB V dengan gelar BRA.Purnomoresmi, entah bagaimana ceriteranya kemudian ia diserahkan ke KGP.Mangkubumi (adik HB V).
KGP.Mangkubumi naik tahta menjadi Sultan HB VI dengan permaisuri GKR.Kencono (anak dari PB VIII). Karena permaisuri I ini tidak mempunyai anak laki-laki sebagai penerus tahta, maka BRA.Purnomoresmi (Roromunting) diangkat dan naik tingkat menjadi permaisuri II bergelar GKR.Sultan (Gusti Kanjeng Ratu Ageng).
Sri Sultan HB VI dengan permaisuri GKR.Ageng mempunyai 12 orang anak dan kelak putra no,1 (putra mahkota) akan menjadi Sultan HB VII Yogyakarta. Putra no.10 bernama GPH.Poeger dari sinilah diturunkannya keluarga paguyuban TRAH PUGERAN.

HEADLINE:

MESA’KE…
Menuju Bukit Pengklik – Prambanan Jogja

numpak ojek

numpak ojek

Tampak eyang kita ini dengan gembira bersama mantunya numpak ojeg mendaki bukit Pengklik tempat dimana warga trahpugeran jogja mengadakan acara arisan bulanan minggu pon. Eyang Diro (94) begitu semangat bersama warga trah hadir pada hari minggu pagi tgl 14 Juni 2009 lalu, tidak hanya acara arisan namun skalian nyekar kemakam Kyai & Nyai Ageng Prawirorejoso (orang tua dari GKR Ageng – permaisuri Sri Sultan HB VI).
Bukit Pengklik memang lumayan tinggi dan hanya bisa dilalui jalan kaki menanjak sepanjang kira-kira 300m dari tempat parkir kendaraan. Lokasinya dijalan Prambanan Piyungan. Makam Pengklik ini dirawat dan dijaga oleh Keraton Yogyakarta dan juga merupakan situs yang dapat dikunjungi wisatawan.

PROFIL:

Pidato yang Menakjubkan

“….saya atas nama keluarga besar Profesor Doktor Purbocaroko, menyerahkan seikat lontar sebagai salah satu warisan budaya untuk dipelajari, diteliti dan dimanfaatkan hasilnya semaksimal mungkin untuk kepentingan ilmu pengetahuan, semoga memenuhi harapan pengarangnya sebagai sumber inspirasi untuk menelaah masa depan serta meningkatkan budaya manusia yang lebih berkualitas berakal sehat dan berbudi luhur….”.

Nus Purnadiyah Bramantyo

Nus Purnadiyah Bramantyo

Demikian cuplikan awal pidato Ir RA.Nus Purnadiyah (mba Nus, putra Prof Sukropurnadi SH, cucu Prof Dr RNg Purbocaroko, cicit eyang Puger) dihadapan Rapat Senat Terbuka Fakultas Ilmu Budaya UGM dalam rangka Dies Natalis ke 63 pada hari Selasa, 03 Maret 2009 di Yogyakarta yang dihadiri Ketua Senat dan Rektorat UGM serta guru besar, mahasiswa dan kalangan akademisi.

Setelah terkantuk-kantuk mendengarkan pidato sebelumnya, hadirin sempat terkesima melihat seorang wanita cantik berjalan menuju podium mengenakan kebaya putih dan jarik bermotif dasar coklat bertabur bunga warna putih berselendang warna merah muda ngejreng. Beberapa mahasiswa yang duduk dibarisan belakang yang tadinya pada ngobrol dengan teman sebelahnya mendadak mengusap-usap mata dan menegakkan duduknya, demikian juga dosen dan undangan yang sudah lelah setelah sekian jam mendengarkan pidato serta merta terkesima dan semua memandang sang juwita di podium yang mulai gilirannya berpidato. Dialah Nus Bramantyo, dengan lugas dan percaya diri yang kuat membaca naskah pidatonya.

nunik widi nus sudikno

nunik widi nus sudikno

Nus dengan tekadnya bersama suami, mertua, adik-adik, pakde Dikno dan saudaranya berangkat ke kampus UGM Jogja dengan membawa buku-buku warisan peninggalan sang kakek alm.Purbocaroko untuk diserahkan ke UGM. Ruangan itu mejadi hening manakala semua hadirin mendengarkan ucapan, kisah dan ceritera tentang sang kakek yang mungkin baru kali itu mereka dengar. Nus tidak hanya menceriterakan siapa sebenarnya Purbocaroko itu yang masih keturunan ningrat dari keraton Solo dan keraton Jogja, tapi juga mengungkap kisah cinta sang kakek dengan putri keraton nan cantik salah satu anak GPH.Puger.

Sebagai tanda cinta yang tulus dari seorang carik penjaga musium, Purbocaroko berangkat ke negri Belanda untuk menuntut ilmu. Setelah selesai menuntaskan kuliahnya disana dan mendapat gelar doktor, Purbocaroko kembali ke Jogja dan mempersunting putri keraton yang bernama Raden Ayu Roosinah dan diterima menjadi menantu GPH.Puger. Dikemudian hari nama Prof Dr Purbocaroko – orang kedua yang mendapat gelar doktor di universitas Leiden Belanda – diabadikan sebagai nama salah satu gedung di Fakultas Ilmu Budaya UGM yang ternyata kami semua baru mengetahuinya. Salah satu bukunya yang cukup dikenal adalah “Riwayat Indonesia”.
Diakhir pidatonya, Nus mendapat aplaus yang sangat meriah dari para hadirin kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan serah terima buku-buku itu dengan pihak UGM. Copy naskah pidatonya banyak diminta mahasiswa dan kalangan akademisi. Nus baru membuat naskah pidato berdurasi 15 menit itu pada tengah malam menjelang esok hari dibacakannya pada acara Dies Natalis itu dengan tulisan tangannya. Menakjubkan…. (rinang pramito)

IPTEK:

Dunia Maya… Trahpugeran di Internet

Dunia maya adalah dunia yang hadir di depan mata kita melalui teknologi.

internet

internet ya...

Website (berbayar) atau weblog (gratisan) adalah sebuah wahana maya yang dapat diakses melalui jaringan internet dengan bantuan hardware berupa perangkat computer multimedia (laptop/PC/desktop) atau HP atau PDF atau BlackBerry atau alat lain. Beberapa perangkat ini ada yang sudah dilengkapi dengan wifi atau internal modem untuk sambungan ke internet melalui jaringan telepon rumah atau hotspot area atau router jaringan tanpa kabel dimanapun (sekolah, kampus, mall, kantor, stasiun, bandara, café dll) atau LAN (local area network – perkantoran, rumahsakit dll). Jika tidak memiliki perangkat computer, dapat juga dilakukan di warnet dengan membayar perjam pemakaian sekitar 2000-3000rupiah.

Setelah computer tersambung dengan internet, maka kita dapat mencari alamat website atau blog melalui google search engine dengan mengetik nama yang kita cari, misalnya ketik trahpugeran lalu tekan search (cari) maka akan muncul diantaranya sebuah blog yang kita cari. Dengan search engine ini kita juga bisa mencari sebuah blog lain dengan mengetik sebuah nama orang yang kita kenal, misalnya ketik sandra dewi lalu enter. Bisa juga langsung kita cari dengan brousing melalui Windows Internet Explorer atau Mozila firefox atau Google Chrome atau Opera dengan ketik http://trahpugeran.blogdetik.com lalu enter.

Blog itu seperti sebuah majalah atau brosur atau bulletin yang menampilkan tulisan dan gambar, memiliki cover dan halaman-halaman seperti kita membuka-buka majalah. Blog hanya bisa dilihat, namun ada fasilitas comments untuk siapa saja menulis komentarnya. Hanya pemilik blog yang bisa merubah tampilan, menambah, mengurangi isi blog. Sebuah blog dapat diakses/dilihat oleh siapa saja di seluruh penjuru dunia setiap saat dan bisa dilihat di Gunungkidul, Jakarta atau Jerman. Siapa saja bisa membuat dan mendesign blog secara gratis (free access) melalui situs gratisan http://www.blogspot.com atau http://www.blogdetik.com atau http://www.wordpress.com atau http://www.multiply.com dan banyak lagi situs lainnya. Namun sebelumnya kita harus memiliki alamat email terlebih dahulu untuk bisa membuat blog dan facebook.

gambar - Africa internet

sibuk FB neh...

Untuk membuat email gratisan banyak situs yang menyediakannya, misalnya http://www.yahoo.com atau http://www.google.com atau http://www.kompas.com atau http://www.aol.com dan masih banyak lagi lainnya. Pilih salah satu situs lalu masuk ke situs tsb, kita akan diarahkan cara mendaftar email (daftar atau registration atau sign-up). Ikuti semua petunjuk sampai selesai.

Jika kita sudah memahami cara akses atau cara kerja internet, maka dengan mudah kita bisa mengakses ke jaringan sosial (social web) lainnya seperti skipe, YM, friendster, facebook atau wahana sejenis lainnya secara live baik face to face atau video conference. Kita juga bisa berinternet dari rumah asalkan telah memiliki laptop atau PC dan menggunakan sambungan telpon rumah melalui telkomnet instan atau speedy. Atau menggunakan USB external modem nirkabel dari telkomflash (telkomsel), IM2 (Indosat) atau mobi (mobil8) setara 3.5G dengan berbagai macam tawaran paket berlangganan dan masih banyak pilihan operator lain yang cocok dengan kebutuhan. Itulah cara akses kedunia maya….. (rinangpramito)

bulletin blog: https://trahpugeranbulletin.wordpress.com
official blog: http://trahpugeran.blogspot.com
profil blog: http://trahpugeran.blogdetik.com
email: trahpugeran@yahoo.com
millis: trahpugeran@yahoogroups.com
facebook : trah pugeran

SEKILAS:

Overview of Ibrahim Bobby the Striker….

Menjelang hari ulang tahunnya yang ke 19 (24 Juli 2009), Ibrahim Bobby berangkat ke Belanda hari Minggu 19 Juli 2009 untuk menjalani training sepakbola di kota Eindhoven. Bobby adalah putra kedua romo Roostamhady “chunk” Suwandi ketua paguyuban trahpugeran Jakarta.

n514895125_953279_5130

guys.. u all looks cool man..

Perjuangan seorang Bobby untuk mendapatkan “tiket” berlatih dan bermain sepakbola di Eropa tidak begitu saja ia dapatkan, namun melalui jalan panjang yang ia tekuni semenjak kecil yang memang dirintisnya. Bobby memang hobby dan “penggila” sepakbola yang awalnya “meresahkan” kedua orangtuanya karena hobbynya itu. Dirumahnya yang asri di komplek pesanggrahan permai keb.lama banyak pernak-pernik persepakbolaan yang ia koleksi mulai dari ratusan videogame sepakbola, kaos bola dll. Bobby selalu up-date tentang pemain sepakbola dunia, mempelajarinya dan mengidolakannya.

Saat ini Bobby adalah pemain dengan posisi penyerang ( striker ) dan ia bermain di club sepakbola Pelita Jaya u-21 dan club Arsenal Soccer Schools Indonesia, Jakarta dan baru saja diwisuda /tamat SMA N 82 Jakarta. Bobby orangnya mengasikkan, ia tidak sungkan bermain futsal dengan teman-teman “anak kampung” sekitar rumahnya. Mandiri, disiplin, hight motivation dan bijaksana serta disukai teman dan pelatihnya. Dia memiliki fans yang sangat banyak, lebih dari 800 fans yang tercatat di facebooknya dan memiliki ibrahimbobby fansclub yang aktif disitus sosial facebook. Sepakbola adalah dunianya dan keluarganya mendukung penuh karirnya sampai-sampai ayahnya (roostamhady) menjadi managernya langsung.

Dalam keluarga besar trahpugeran turunan pemain sepakbola sudah ada sejak lama. Tengok saja alm.RM Koeswanadji (putra romo Leong) yang lahir tahun 1942 adalah pemain bola yang ngetop pada jamannya dan pernah menjadi pengurus PSSI. Sebelumnya ada alm.romo Diro yang juga jago bola pemain striker PSIM (persatuan sepakbola indonesia mataram – jogja). Kemudian tahun 80an ada siganteng RM David Sulaksono (putra dari romo Mamik Katamsi) yang juga pemain bola PSSI dan masih beberapa lagi.

Tidak banyak diantara kita yang mengenal Bobby, namun dengan info pendek ini kita dapat lebih banyak lagi mengetahui prestasi Bobby yang adalah salah satu anggota keluarga besar GPH Puger. Banyak lagi saudara kita yang juga berprestasi pada bidangnya masing-masing dan kita akan mendukung penuh semuanya untuk menggapai cita-citanya yang juga cita-cita kita bersama mengarungi dunia.

Untuk Bobby selamat menapaki jalan baru menuju cita-citamu dinegri orang, kami doakan selalu sehat walafiat, selalu dilindungi Allah SWT dan diberi kemudahan dalam segala urusan. Go get it bro…. lets rock the world!

KESEHATAN:

Buah Ajaib Itu Bernama Alpukat

Semua jenis buah-buahan adalah baik untuk dikonsumsi dengan bijak. Namun ada sebagian kita menghindari buah alpukat yang katanya mengandung banyak lemak dan membahayakan kesehatan tubuh (obesitas dan kolesterol tinggi). Benarkah..?

Jika kita brousing atau googling kita akan menemukan banyak sekali berbagai macam uraian dan kajian tentang buah alpukat ini. Berikut ini akan kita lihat tentang keajaiban alpulat yang belum banyak kita ketahui.

avocadobb

jangan tambahkan gula sirop susu dsb...

Tanaman alpukat datang ke kawasan Indonesia pada abad ke 18 dari wilayah Amerika Tengah. Ada juga yang mengatakan alpukat berasal dari Persia, Timur Tengah. Alpukat dapat tumbuh dihampir seluruh wilayah Indonesia, namun masih berupa tanaman pekarangan yang belum dibudidayakan secara besar.

Apukat mengandung lemak yang sangat tinggi dua kali lipat lemak durian, namun lemak yang dimaksud berbeda dengan lemak durian. Jenis lemak pada alpukat adalah asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids – MUFA) yang justru bersifat baik untuk kesehatan. Asam lemak MUFA juga disebut sebagai asam oleat (yang juga banyak terdapat dalam minyak zaitun atau almond) merupakan asam lemak omega 9 yang dapat menurunkan kadar kolestarol jahat (LDL) dan akan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang berdampak positif bagi kesehatan yaitu mengurangi kerusakan atau penumpukan lemak/kerak pada dinding pembuluh darah.

Alpukat juga menyehatkan kulit dan rambut. Alpukat memiliki zat antioksidan (seperti betakaroten dan alfakaroten), vitamin A, C dan E, niasin, asam pantotenat, zat besi (pencegah animea), kalium tinggi, natrium rendah serta protein (mengatur regulasi tekanan darah, mengurangi tekanan darah tinggi, mencegah serangan jantung dan stroke). Alpukat hampir tidak mengandung pati dan sedikit kandungan gula namun berlimpah selulosa yang dapat mengendalikan diabetes (kadar gula darah tinggi).

Selain itu, kombinasi kadar kalium yang tinggi dan natrium rendah pada alpukat akan menciptakan suasana basa dalam tubuh yang berefek mencegah alergi, pusing, panik dan mencegah gangguan pernapasan dan pencernaan. Sari alpukat efektif untuk mengobati hati dari serangan virus hepatitis. Zat karotenoid, tokoferol dan glutation pada alpukat dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan mencegah kanker lebih dini.

Pada alpukat, hampir tidak ditemukan kandungan zat yang berefek negatif untuk kesehatan tubuh bahkan mengkonsumsi alpukat satu buah setiap hari dapat menyehatkan tubuh dan menyembuhkan sederetan penyakit. Cara mengkonsumsi alpukat yang benar adalah dengan memakan langsung daging buah alpukat yang sudah matang. JANGAN TAMBAHKAN gula atau susu atau sirop atau penyedap apapun.

Masih ragu tentang keajaiban alpukat…? konsultasikan dengan dokter keluarga.
(Disarikan dari berbagai sumber bacaan dan internet oleh rinang pramito)

HUKUM:

Mengenal (ilmu) Hukum Secara Sederhana
(Prof.Dr.RM.Sudikno Mertokusumo,SH)

Prof.Dr.RM.Sudikno Mertokusumo,SH(84) adalah Guru Besar Ilmu Hukum UGM Yogyakarta yang juga warga trah pugeran. Prof Sudikno juga masih aktif mengajar kuliah dan bimbingan mahasiswa. Redaksi memilih artikel ini dan memuatnya dalam 3 seri penerbitan. Semoga bermanfaat bagi kita.

sudikno

sudikno

Tulisan ini ditujukan kepada mereka yang bukan ahli hukum, yang awam hukum, untuk mengenal (ilmu) hukum lebih dekat secara sederhana. Hukum bagi awam pada umumnya, karena ketidak-tahuan atau kurang pengetahuan mereka dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan.

Di dalam Negara berkembang seperti Negara Republik Indonesia ini, diharapkan warga negaranya tahu hukum dan hak kewajibannya secara sederhana. Oleh karena itu dengan tulisan ini dicoba untuk menguraikan secara mudah dan ringkas tentang hukum.

Hukum itu berhubungan dengan manusia. Kalau tidak ada manusia, maka tidak akan ada hukum. Karena adanya manusialah maka ada hukum. Rasio adanya hukum adalah Conflict of human interest. Hukum itu ada karena ada konflik kepentingan,

Manusia itu mempunyai ego, mempunyai aku, mempunyai kepribadian atau rasa harga diri. Di dunia ini manusia berkuasa dan ingin menguasai lebih jauh dunia ini, baik dalam skala besar mapun kecil. Ia adalah pusat dari segala kegiatan kehidupan. Ia adalah subjek, bukan objek. Ia adalah penentu bukan alat. Oleh karena itu ia mempunyai kepentingan, yaitu tuntutan yang diharapkan untuk dipenuhi, ia mempunyai kebutuhan. Sejak dulu sampai sekarang bahkan untuk waktu yang akan datang dan dimana-mana manusia mempunyai kepentingan yang diharapkan untuk dipenuhi. Sejak kecil sampai dewasa manusia membutuhkan kasih sayang ibu, membutuhkan minum, makan dan pakaian, membutuhkan sesuatu untuk dimiliki, membutuhkan sekolah, bekerja dan berkeluarga, bahkan pada waktu meninggalpun ia butuh untuk dimakamkan.

Akan tetapi sayangnya, kepentingan-kepentingannya itu sepanjang masa dimana mana selalu diganggu atau diancam oleh sesamanya, binatang buas atau alam disekelilingnya: kepentingan manusia diancam dan diganggu oleh pencurian, pembunuhan, perslingkuhan, serangan sekelompok kera liar dipemukiman, tsunami, banjir, gempa bumi dan sebagainya. Itu semuanya selalu mengganggu dan mengancam kepentingan manusia. Oleh karena itu manusia membutuhkan perlindungan kepentingan terhadap kepentingan-kepentingannya yang selalu terganggu itu. Manusia ingin hidup tenteram dan damai. Itu merupakan kepentingan atau kebutuannya.

negara-berdasar-atas-hukum

keadilan...untuk semua

Maka terciptalah kaedah sosial atau peraturan hidup yang melindungi kepentingan manusia dari gangguan yang mengancam kepentingannya itu. Ada empat kaedah sosial yang dapat dibagi menjadi dua kelompok kaedah sosial, yaitu kelompok kaedah sosial yang mempunyai aspek kehidupan pribadi, yaitu kaedah agama dan kaedah kesusilaan dan kelompok kaedah sosial yang mempunyai aspek kehidupan antar pribadi, yaitu kaedah sopan santun atau tata krama dan kaedah hukum.

Kaedah hukum mempunyai tujuan ketertiban masyarakat, agar jangan sampai ada manusia dan masyarakat menjadi korban kejahatan atau gangguan kepentingan. Jadi melindungi manusia dan masyarakatnya. Kecuali itu kaedah hukum ditujukan kepada sikap lahir pelakunya (manusianya) sebagai makhluk sosial. Apa yang ada di dalam batinnya tidak disentuh oleh hukum Adapun kaedah hukum itu berasal dari luar diri manusia secara teratur, secara terorganisir dan resmi, seperti dari lembaga legislatif, lembaga yudikatif dan sebagainya. (BERSAMBUNG edisi berikutnya)

WISATA:

Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo adalah salah satu dari sederetan pantai wisata yang ada di Yogyakarta. Letaknya bersebelahan dengan pantai Parangtritis Bantul. Pantai ini sangat indah dan bersih. Pemandangan ke laut selatan (samudra hindia) sangat indah sekali.

eyang diro & bude margono

eyang diro & bude margono

Hari Kamis pagi tgl 23 Juli 2009 lalu, beberapa warga trahpugeran bertandang ke pantai Parangkusumo ini untuk mengikuti acara labuhan. Labuhan yang diadakan keraton dan masyarakat Jogja ini adalah dalam rangka memperingati jumenengan nDalem Sri Sultan HB X yang juga bertepatan menjelang bulan Ruwah 2009.

Pantai ini dipercaya adalah tempat pertemuan antara Ratu Kidul dengan Raja Jogja yang ditandai dengan dua bongkah batu karang di Cepuri. Situs Cepuri ini menjadi tempat wisata budaya dengan segala bangunannya terdiri dari beberapa pendopo, alun-alun dan tamannya serta sebuah Masjid.

Setelah acara seserahan dan doa di Cepuri, prosesi dilanjutkan berjalan menuju pantai yang berjarak kira-kira 200m. Terlihat tiga “gunungan“ yang berisi uborampe dan barang-barang Ngarso nDalem ditandu oleh para abdi dalem diiringi ratusan masyarakat dan wisatawan berbagai negara serta liputan media dan kawalan Polisi serta Team Resque.

DSC00099bbb

megah.. luas.. indah.. parangkusumo

Prosesi berhenti sejenak untuk doa dan persiapan akhir di pantai. Udara cerah sekali namun anehnya tidak terasa panas samasekali. Ombak mendayu-dayu seperti biasa dengan hembusan angin laut yang lumayan kencang membawa aroma laut yang khas. Prosesi telah siap, semua uborampe diangkat kembali oleh abdi dalem dan resque berjalan menuju air laut, namun tiba-tiba terlihat ombak besar menggulung menuju prosesi itu, menghampiri dan memporakporandakan semua orang yang ada di air seakan menerima lelabuhan itu.

Beberapa orang tetap maju menerjang ombak sampai semua uborampe berjatuhan terbawa arus balik dan beberapa orang berlarian naik lagi kedarat. Tercium aroma wangi khas seperti aromatheraphy yang kuat. Bahkan ketika acara itu sdh selesaipun masih tercium aroma wangi itu. Indah…. megah … menawan…. mistis….. ajaib, Parangkusumo Jogja. (rinang pramito)

WORO-WORO:

Kabar Berita Trah

Kabar Duka:
Hari Kamis tgl 23 Juli 2009, telah berpulang ke Rahmatullah yaitu adik Putri (balita), anak dari Decy Windyastari & Eko karena sakit dikediamannya di Lampung. Semoga Almarhumah diterima disisiNya dan keluarga Decy mendapatkan kesabaran dan ketabahan (Decy adalah putri Alm.RM.Rooswindo Suwandi – Yayuk, Bogor).

Menikah:
Telah melangsungkan pernikahan Bernadino Realino Indra P dengan Simforian Eva Iryanty Lestari pada hari Minggu tgl 05 Juli 2009 di Pendopo Agung Mangkubumen Jogja. Bernadino adalah putra kedua dari RM.Aryomarwoto Hadiyanto (mas Totok putra RM Kuswadji) – Mulyani yang tinggal di ndalem Mangkubumen.

DSC00057b

besan pengantin ey'diro b'suryo b'mul m'totok

Undangan Ruwahan:
Dalam rangka manyambut bulan puasa 2009 yang insyaallah mulai tgl 22 Agustus, warga trahpugeran Jogja mengadakan acara ruwahan yang diselenggarakan pada hari Minggu tgl 16 Agustus 2009di makam Gentan Pugeran Kuncen Jogja jam 10.00 s/d slesai. Bagi warga yang menyambutnya dapat hadir bersama-sama…. monggo.

Dalam Penyembuhan:
Romo Tjondrodi (56) sejak hari Selasa tgl 21 Juli 2009 dirawat dirumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta karena sakit. Sempat mendapat perawatan di ruang ICU beberapa hari. Sekarang (Senin 27 Juli 2009) kondisinya berangsur membaik. Romo Tjondrodi adalah adik dari buageng Puger (BRA Imtamsaidjah) ketua patrap Jogja (ayahnya adalah KRT Purwonegoro, putra GPH Puger – BRA Puger Sepuh).

Syukuran Pernikahan:
Telah melangsungkan syukuran pernikahan putra putri RM Marpusdiantoro (putra bude Margono) – Rini Pujiastuti yaitu:
1. Diyanastoadi Pratomo (Danas), ijab 19 Juli 2009.
2. Ajeng Wirasti Pudiyanti (Abet), ijab 28 Juni 2009.
Di ndalem Notoprajan pada hari Sabtu 25 Juli 2009.

COMMENTS:

Suara Pembaca

Syukur alhamdulilah sekarang sudah ada buletin pugeran. Kita bisa mengikat silaturahmi antar kerabat, meskipun hanya lewat dunia maya. Pada tanggal 9 juli 2009, saya kemarin bertemu dengan keluarga Eyang Diro dan diajak  ziarah ke pesarean Eyang Buyut Kanjeng Kusumaningrat yang berada di Gentan Pugeran (Kuncen) jogja. Saya ke pesarean bersama Eyang Yanti (putri Eyang Diro), Eyang Harto dan keluarga. Saya cucu dari putra pertama yang bernama bapak Hidayat, putra Eyang Yoewarno Slamet. Saya menginginkan agar para kerabat dapat menyusul berziarah ke makam Eyang-Eyang kita yang berada di jogja dan bisa bersilaturahmi ke sanak keluarga yang lain
Salam,

dika

dika

Dika Rahmaningrum (putri bpk Hidayat, cucu Eyang RM Yoewarno Slamet, buyut eyang KRT Kusumaningrat, GPH Puger—RA Adiningsih)
JL.mawar 23/5 Jember – Jatim
……………………………………..

14 july 2009

hi…..
good afternoon.
glad to know this blog. finally i knew where am i come from.
iam child of RM.Yunus Wirjonegoro married with R.Suprihatinnah. i am his last daughter.
my name is Kusuma Ningrum.
nice to read this blog.
please let me known if u had any further information later.
wish we know each other.
tks and regards,

Ningrum

ningrum

ningrum

(GPH Puger-RA Adiresmi, berputri RA Roostijah-KGPA Anom Mangkunegoro, berputra KRT Wiryonegoro/BRM Kasanusabi, berputra RM Yunus Wiryonegoro-R Suprihartinnah, berputri Kusuma Ningrum)
……………………………………………
Sugeng enjang Rama Poeng,
Mugi bulettin punika saged dados piranti rumaketing komunikasi para pinisepuh, putra, wayah trah Pugeran. Awit saking pamanggih kula, bullettin elektronik punika piranti ingkang gampil kangge komunikasi tumraping para anggota trah lan ugi priyantun ingkang taksih kagungan kawigatosan dumateng trah Pugeran. Kula ngaturaken pambagya wontening bulletin punika, utaminipun katur Rama Poeng, Rama Chunk, ugi Dhimas Rinang, ingkang sampun kersa maringi kalodhangan wekdal kangge angupayaaken ngluhuraken asma trah Pugeran. Mugi bulletin punika saged wonten manfaatipun lan langgeng. Mugi Allah SWT tansah paring rahmat dhumateng para trah sedayanipun.
Sugeng ngunjuk teh lan dhahar pisang goreng ing enjang punika.
Salam taklim
,
Bramantyo Sayogyo
Trah Ponoragan Jawi Wetan
(Mas Bramantyo, adalah suami dari mb Nus Purnadiyah – putrinya romo Sukro – cucunya Purbocaroko – buyutnya GPH Puger)
…………………………………………
Nderek Mangayubagyo kagem Bulletin Pugeran. Mugi-mugi saged kagem ajang silaturahmi kagem para saderek Trah ingkang sampun semebar seantero jagad raya.
Dengan adanya bulletin dan blog ini bisa memberikan informasi yang menginspiratif dalam menjaga hubungan persaudaraan antar keluarga.
Buat saya pribadi, Blog ataupun Bulletin yang sudah beredar memberikan jawaban atas kerinduan saya untuk tidak melupakan asal muasal kita dan sebagai ajang untuk mengenal para anggota Trah pugeran.
Maturnuwun kagem para Pengasuh Bulletin & Blog Trah Pugeran
Salam
,
Dewi (putri ibu Minul Rahardjo, wayah Eyang Diro) Ndalem Mangkubumen
Yogyakarta
…………………………………………
20 June 2009
Mohon Request koreksi nama untuk nama anak dr.rahardjo:
1. RM. Wahyu Hidayat Indra Purnama
2. RM. A. Hanindyo Putranto. (Dharmawan Bayukusumo)
3. R Aj. Dewi Sundari Vishnu Wardhani.
Trimakasih..

DSC07148bb

mas doni

Dharmawan “doni” Bayukusumo, cucu eyang Diro, Mangkubumen Jogja

………………………………………….

Oom Rinang, wah .. matur nuwun informasinya,  jadi tambah lagi deh pengetahuan tentang leluhur,  oh yaa … mohon maaf  namaku di gallery 5th generation  disambung  oom, krn kalau gitu gak ada artinya… kata kuncinya di  mardika  bukan soemardi …he..he..he  nuwun  sewu  oom rinang, matur sembah nuwun..
Igig Soemardikatmodjo, Depok, Bogor
…………………………………………….
wah kasihan nenek2 disuruh naik ojek…“
Romo Chunk Roostamhady
…………………………………………….
Wuihh….tour d’ makam, sekali setahun bagus juga di lakukan untuk sarana kumpul-kumpul, pasti banyak yang mau, bagus, bravo Pugeran Yogya.
Mas Romi, bontang, kaltim
…………………………………………
Saudara Saudari gambar ini merupakan gambar perjuangan. Demikian harapan kita siap untuk naik naik kepuncak gunung, puncak bukit. Eyang Diro naek ojek daripada lelah. Untung doa dari Ibu Minul terkabul ada ojek liwat siap angkut Eyang Diro menurut gambar dan Kacip berikutnya.

Mas Doni, mangkubumen, jogja.
…………………………………………..
17 July 2009
Ini merupakan suatu usaha yang perlu diacungi jempol untuk melestarikan paguyuban “trah pugeran”. Yang perlu diperhatikan adalah updating dan koreksi.
Oleh karena itu diharapkan anggota paguyuban “trah pugeran” memberi masukan. Bagian redaksi dapat menyusun buku berdasarkan data dari bullletin ini. Terima kasih.

Prof.Dr.RM Sudikno Mertokusumo SH,
Yogyakarta
…………………………………………..
Semoga romo Tjondrodi cepat sembuh ya...
Akhmad Tunggul “iyul“ Wibawa Sudiro
Surabaya
…………………………………………..
hebat bu Diro dan mbakyu Margono masih kersa nindaki k parangkusumo, semangatnya boleh ditiru oleh yg muda2…”.
Nyuwun Pangestu. Romo Dikno.

DARI REDAKSI:

DONATUR BULETIN “Trah PUGERAN”:

(jakarta)

Donatur dari pertama terbit:
Romo Chunk Roostamhadi Rp 200.000,-
Romo Poeng Purwanto Sudiro 150.000,-
Mbak Nus 100.000,-
Mas Dhono 25.000,-
Ibu Baik Hati 25.000,-
Sekar 10.000,-
Cita 10.000,-
Jeng Nunik Purnadi 50.000,-
Ibu Yanti Kertonegoro 100.000,-
Mb Ani Kuswadji 10.000,-
Ibu Sri Sudiro 200.000,-

31 Juni 2009, Bakmi Jawa
Bp Rusdiyanto 50.000,-
Ibu Widayatsari 50.000,-
Ibu Sri Soediro 200.000,-
Mas David 50.000,-
Romo Katamsi 50.000,-
Mb Nuniek Purnadi 100.000,-
Mas Agung 100.000,-
Bp Sugiatno 100.000,-
Bp Yulianto 50.000,-
Mas Wisnu 50.000,-
Ibu Imtam Fajar 50.000,-
Mas Dono 10.000,-
(jika ada kesalahan akan diperbaiki pada edisi berikut)

Sumbangan berupa material kertas 3 rim diterima dari Romo Mamiek Katamsi. Matur nuwun sedayanipun.
Unkuk mendukung kelangsungan terbitnya bulletin ini secara kontinyu 3 bulan sekali, redaksi menghimbau adanya sumbangan berupa apapun dari poro sederek trah pugeran. Untuk itu, sebelumnya redaksi menghaturkan terima kasih.

Diberi kesempatan sampai terbitan bulletin edisi 003 bila tidak ada tambahan peserta sayembara, maka akan diputuskan peserta tunggal menjadi pemenang dan logonya akan digunakan untuk simbol paguyuban trah pugeran.

Redaksi mohon maaf jika ada kesalahan penulisan nama atau gelar/title. Koreksi atau saran atau kritikan mohon dikirimkan ke redaksi.

Team Redaksi:

Penasehat: Romo Chunk Roostamhady Suwandi
Pimpinan Redaksi: Mbak Nus Purnandiyah Bramantyo
Anggota Redaksi:
Romo Pung Purwanto Sudiro
Mas Rinang Pramito Drijantoro
Alamat Redaksi:
Jl. Raya Cinangka No. 37 Rt.01 Rw.04
Sawangan, Depok 16517
Phone: 08129259978; 08174914984
E-mail: weshank_gnee@yahoo.co.id

IKLAN MINI:

Java Shop Jogja, menjual bahan2 tradisional, rempah2 untuk perawatan tubuh & aromatherapy :
Lulur Mandi Rp5500,- Herbal Kompress Wajah Rp6500,-
Rempah Mandi Rp7500,- Home Body Spa Rp24.000,-
Sabun Cebokan Rp5500,- Dupa Ratus Rp11.000,-
Pot Pouri Rp6500,- Wedang Uwuh Rp2500,-

Peminat Hubungi:
mb Dewi Wardhani Sudiro (0812 295 8986)
mb Dinar Pramito (0812 985 0575)
Weblog: http://www.javashopjogja.wordpress.com
Email: javashopjogja@gmail.com

1. KOMPOSTER
(Ember alat untuk membuat kompos)
Rp. 70.000,-/Komposter ukuran 25 liter.
2. AKTIVATOR
500 g untuk setiap 50 kg sampah organic,
Rp. 20.000,-/500 g

Peminat Hubungi:

Ibu Dhanie Poeng. HP: 08121948749

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: